You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pembangunan Tak Kunjung Kelar, Sentra Flora Semanan Mulai Rusak
.
photo doc - Beritajakarta.id

Bangunan Sentra Flora Semanan Banyak yang Rusak

Kondisi bangunan Sentra Flora Semanan (SFS) di Jl Haji Asni, RT 07/03, Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat sangat memprihatinkan. Bagaimana tidak, proyek pengerjaan yang dilakukan sejak tahun 2011 lalu hingga saat ini tak kunjung rampung hingga membuat bangunan kios banyak rusak.

Tahun ini kami juga memang akan memperbaiki seluruh kerusakan dan diperkirakan tahun depan sudah kelar dan dapat segera digunakan

Pantauan beritajakarta.com, kerusakan pada kios tersebut tampak dari bagian penutup atap kios dari fiber glass banyak copot. Kemudian, besi-besi terlihat mulai berkarat dan tembok pembatas di depan kios setinggi setengah meter juga ada yang dirusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Alhasil, kondisi tersebut membuat puluhan kios yang ada di dalam area SFS yang dulunya tampak bagus dan tertata dengan rapi, kini jadi tampak kumuh dan rawan ambruk.

Gani (47), warga setempat mengatakan, rusaknya penutup atap kios dari fiber glass sudah berlangsung lebih dari tiga bulan. Penyebabnya diduga akibat paku ripet untuk menempel fiber glass tidak kuat akibat hembusan angin. “Atap penutup kios tersebut satu-persatu pada copot akibat hembusan angin kencang,” ujar Gani, Senin (13/10).

Kawasan Sentra Primer Barat Baru Terus Menggeliat

Kepala Suku Dinas Pertanian dan Kehutanan Jakarta Barat, Joko Riyanto mengakui, adanya kerusakan pada kios di SFS. Proyek SFS sudah dilakukan sejak tahun 2009 berupa pembebasan lahan. “Tapi untuk pengerjaannya baru dilakukan sejak tahun 2011,” ucap Joko.

Total anggaran di luar pembebasan lahan untuk proyek pembangunan 75 kios dengan ukuran 4x6, 6x6, 6x8, dan, 10x8, kantor, mushala, serta jalan, mencapai Rp 17 miliar. “Tapi total anggaran Rp 17 miliar tersebut dilakukan secara bertahap sejak tahun 2011 saat awal pengerjaan sampai akhir 2013,” tutur Joko.

Kerusakan, tambah Joko, terjadi akibat kios tak kunjung ditempati. Hal itu lantaran proyek pembangunannya yang bertahap. "Anggaran tahun ini kami akan mengerjakan pembuatan saluran di kawasan tersebut. Tahun ini kami juga memang akan memperbaiki seluruh kerusakan dan diperkirakan tahun depan sudah kelar dan dapat segera digunakan,” tandas Joko.

  

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1232 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1200 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1170 personTiyo Surya Sakti
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1136 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1064 personNurito